Azzahra, Nadia (2025) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS AIR TAWAR KOTA PADANG TAHUN 2025. Diploma thesis, Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Informasi Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak Nadia Prayani Azzahra]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak Nadia Prayani Azzahra.pdf - Published Version
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB I Nadia Prayani Azzahra]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I Nadia Prayani Azzahra.pdf - Published Version
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB VI Nadia Prayani Azzahra]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB VI Nadia Prayani Azzahra.pdf - Published Version
Download (3MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Nadia Prayani Azzahra]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA Nadia Prayani Azzahra.pdf - Published Version
Download (3MB)
![[thumbnail of FULL SKRIPSI Nadia Prayani Azzahra]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI NADIA PRAYANI AZZAHRA WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, Agustus 2025
Nadia Prayani Azzahra
Hubungan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Air Tawar Kota Padang Tahun 2025
xiii + 74 halaman, 17 tabel, 2 gambar, 13 lampiran
ABSTRAK
Kunjungan rawat jalan di Puskesmas Air Tawar mengalami penurunan dari 22.795 kunjungan tahun 2022 turun menjadi 21.167 tahun 2023, salah satunya dapat disebabkan oleh kualitas pelayanan yang belum memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan fasilitas dengan kepuasan pasien rawat jalan di tahun 2025.
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret–Agustus 2025. Populasi adalah seluruh pasien rawat jalan, dengan sampel 96 responden menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan pada 16 – 26 Juni 2025 menggunakan kuesioner dengan cara wawancara dianalisis secara univariat dan bivariat memakai uji chi-square.
Hasil analisis menunjukkan 53,1% responden tidak puas terhadap pelayanan. Berdasarkan kualitas pelayanan ditemukan persepsi tidak bermutu terhadap kehandalan (80,2%), daya tanggap (70,8%), jaminan (75,0%), empati (75,0%), dan bukti fisik (65,6%). Berdasarkan fasilitas, 56,3% menilai kurang baik. Analisis statistik membuktikan seluruh dimensi kualitas pelayanan dan fasilitas berhubungan signifikan dengan tingkat kepuasan pasien (p-value <0,05).
Kualitas pelayanan dan fasilitas berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Air Tawar. Disarankan agar puskesmas meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas dengan meningkatkan sarana dan prasarana dengan baik serta melakukan monitoring dan evaluasi survey kepuasan pasien.
Daftar Bacaan : 52 (2014-2024)
Kata Kunci : Fasilitas, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Nadila Wahyuni Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:23 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:23 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2332 |