Hamdani, Hamdani (2025) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS TK. III REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2025. Diploma thesis, Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Informasi Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak Hamdani]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak Hamdani.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I Hamdani]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I Hamdani.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB VI Hamdani]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB VI Hamdani.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Hamdani]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA Hamdani.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of FULL SKRIPSI Hamdani]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI HAMDANI WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
UNIVERSITAS ALIFIAH PADANG
Skripsi, September 2025
Hamdani
Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2025
xii + 55 halaman + 6 tabel + 2 gambar + 14 lampiran
ABSTRAK
Pelayanan keperawatan merupakan bagian terbesar dalam layanan rumah sakit, di mana sekitar 90% pelayanan kesehatan diberikan melalui asuhan keperawatan. Salah satu aspek penting dalam pelayanan keperawatan adalah perilaku caring perawat, yang dapat diartikan sebagai sikap peduli, perhatian, serta kesungguhan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Fenomena di lapangan menunjukkan masih adanya pasien yang merasa kurang puas dengan pelayanan keperawatan di RS TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang. Terdapat pasien rawat inap ditemukan bahwa 20 orang (22,5%) menyatakan kurang puas, dengan alasan perawat kurang memberikan informasi yang jelas mengenai kondisi dan tindakan yang dilakukan, serta kurang cepat dalam merespons keluhan pasien. Hal ini menegaskan bahwa kurangnya perilaku caring dapat berdampak pada menurunnya kepuasan pasien, kualitas pelayanan, dan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RS TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2025..
Penelitian ini dilaksanakan di ruang rawat inap RS TK. III Dr. Reksodiwiryo Padang pada bulan Februari hingga September 2025, dengan pengumpulan data dilakukan pada 17–30 Juli 2025. Jenis penelitian adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 809 pasien rawat inap, dengan sampel 89 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner perilaku caring perawat dan kepuasan pasien, lalu dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square pada derajat kepercayaan 95% (p<0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden menilai perawat telah caring (59,6%) dan puas terhadap pelayanan (77,5%). Uji Chi-Square menghasilkan p-value = 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat hubungan signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap.
Ada hubungan antara perilaku caring tehadap kepuasan pasien dapat disarankan kepada rumah sakit untuk melakukan pelatihan komunikasi terapeutik berkala, penguatan empati serta peningkatan kepuasan pasien yang bisa diakses secara umum
Daftar Bacaan : 22 (2019–2024)
Kata Kunci : Perilaku Caring, Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Keperawatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | s1 keperawatan |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:55 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2753 |