Khairunnisa, Widya (2025) Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf - Published Version
Download (675kB)
![[thumbnail of BAB 1]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (316kB)
![[thumbnail of BAB V1]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB VI.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WIDYA KHAIRUNNISA-2113201049.pdf
Download (4MB)
Abstract
UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, Juli 2025
WIDYA KHAIRUNNISA
Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025
xii + 64 halaman, 17 tabel, 2 gambar, 12 lampiran
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi faktor penting dalam menentukan kepuasan pasien. Puskesmas Nanggalo dari tahun 2021-2023 mengalami penurunan jumlah kunjungan sebanyak 28%. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2025, pengumpulan data dilakukan 29April-9 Mei 2025. Populasi yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas Nanggalo, jumlah sampel 96 responden diambil secara Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara. Analisa data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji statistic yaitu uji Chi- square. Hasil penelitian menunjukkan 21,9% menyatakan tidak puas terhadap pelayanan kesehatan, 32,3% menyatakan dimensi bukti langsung tidak bermutu, 38,5% menyatakan dimensi kehandalan tidak bermutu, 52,1% menyatakan dimensi daya tanggap tidak bermutu, 52,1% menyatakan dimensi jaminan tidak bermutu, 35,4% menyatakan dimensi empati tidak bermutu. Terdapat hubungan bukti langsung (p=0,006), kehandalan (p=0,003), daya tanggap (p=0,000), jaminan (p=0,045), dan empati (p=0,000) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Nanggalo tahun 2025. Terdapat hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Nanggalo. Oleh karena itu, peningkatan mutu pelayanan khususnya dimensi kehandalan dan daya tanggap perlunya perhatian utama pihak puskesmas untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien.
Daftar Bacaan : 38 (2015 – 2024)
Kata Kunci : Kepuasan pasien, mutu pelayanan, puskesmas, rawat jalan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Nadila Wahyuni Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:36 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2326 |