Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025

Khairunnisa, Widya (2025) Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (675kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of BAB V1] Text (BAB V1)
BAB VI.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI WIDYA KHAIRUNNISA-2113201049.pdf

Download (4MB)

Abstract

UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, Juli 2025
WIDYA KHAIRUNNISA
Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025
xii + 64 halaman, 17 tabel, 2 gambar, 12 lampiran
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi faktor penting dalam menentukan kepuasan pasien. Puskesmas Nanggalo dari tahun 2021-2023 mengalami penurunan jumlah kunjungan sebanyak 28%. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Nanggalo Tahun 2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan bulan Maret-Agustus 2025, pengumpulan data dilakukan 29April-9 Mei 2025. Populasi yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas Nanggalo, jumlah sampel 96 responden diambil secara Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan wawancara. Analisa data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji statistic yaitu uji Chi- square. Hasil penelitian menunjukkan 21,9% menyatakan tidak puas terhadap pelayanan kesehatan, 32,3% menyatakan dimensi bukti langsung tidak bermutu, 38,5% menyatakan dimensi kehandalan tidak bermutu, 52,1% menyatakan dimensi daya tanggap tidak bermutu, 52,1% menyatakan dimensi jaminan tidak bermutu, 35,4% menyatakan dimensi empati tidak bermutu. Terdapat hubungan bukti langsung (p=0,006), kehandalan (p=0,003), daya tanggap (p=0,000), jaminan (p=0,045), dan empati (p=0,000) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Nanggalo tahun 2025. Terdapat hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Nanggalo. Oleh karena itu, peningkatan mutu pelayanan khususnya dimensi kehandalan dan daya tanggap perlunya perhatian utama pihak puskesmas untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien.

Daftar Bacaan : 38 (2015 – 2024)
Kata Kunci : Kepuasan pasien, mutu pelayanan, puskesmas, rawat jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Nadila Wahyuni Putri
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:36
Last Modified: 18 Sep 2025 07:36
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item
View Item