HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PADANG TAHUN 2025

Sari, Intan (2025) HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA PADANG TAHUN 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER BENAR.pdf - Published Version

Download (22MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I1.pdf - Published Version

Download (180kB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82MB) | Request a copy

Abstract

Hubungan Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Padang Tahun 2025.
xiv + 84 halaman, 20 tabel, 2 gambar,13 lampiran
ABSTRAK

Rumah Sakit Bhayangkara Padang mengalami penurunan jumlah kunjungan rawat jalan di tahun 2023. Loyalitas pasien sangat penting bagi rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien agar dapat bersaing dengan rumah sakit lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Padang.
Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 5-12 Mei 2025. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bhayangkara Padang dengan sampel 97 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan loyalitas pasien sebanyak 38,1% dikategorikan tidak loyal, 48,5% menyatakan bauran produk tidak baik, 49,5% menyatakan bauran harga tidak baik, 39,2% menyatakan bauran tempat tidak baik, 37,1% menyatakan bauran promosi tidak baik, 45,4% menyatakan bauran orang tidak baik, 44,3% menyatakan bauran proses tidak baik, 48,5% menyatakan bauran bukti fisik tidak baik. Hasil uji statistik diperoleh bahwa terdapat hubungan antara bauran produk (p=0,002), harga (p=0,003), promosi (p=0,013), orang (p=0,000), proses (p=0,032), bukti fisik (p=0,006) dengan loyalitas pasien rawat jalan. Tidak terdapat hubungan antara bauran tempat dengan loyalitas pasien (p=0,198) di Instansi Rawat Jalan.
Bauran produk, harga, promosi, orang, proses, dan bukti fisik masing-masing memiliki hubungan dengan loyalitas pasien rawat jalan. Disarankan rumah sakit dapat mengatur jadwal kehadiran dokter, menjaga harga layanan, mengoptimalkan area parkir, melakukan penyuluhan kesehatan di ruang tunggu, meningkatkan kemampuan berkomunikasi petugas dengan pelatihan, menerapkan sistem pengingat jadwal dokter dan meningkatkan fasilitas penunjang.

Daftar Pustaka : 41 (2005-2025)
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, instalasi rawat jalan, loyalitas,
rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:57
Last Modified: 19 Sep 2025 02:57
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item
View Item