Akhiari, Puja (2025) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Ambacang Kota Padang Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf - Published Version
Download (690kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (513kB)
![[thumbnail of BAB VI]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB VI.pdf - Published Version
Download (467kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version
Download (511kB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PUJA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang
menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan
perseorangan (UKP) di wilayah kerjanya, dengan lebih mengutamakan upaya promotif
dan preventif. Menurut Dinas Kesehatan Kota Padang Tahun 2023 Puskesmas yang
memiliki kunjungan rendah yaitu, Puskesmas Pauh dengan tingkat kunjungan (0,8), di
susul Puskesmas Ambacang dengan tingkat kunjungan (1,3). Puskesmas Parak Karakah
dengan tingkat kunjungan (1,1) dan Puskesmas Dadok Tunggul Hitam dengan tingkat
kunjungan (1,1). Penelitian menunjukkan persepsi pasien terhadap pelayanan kesehatan
yang tidak bermutu sebanyak 24%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
kualitas pelayanan kesehatan degan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Ambacang
Kota Padang Tahun 2025.
Penelitan ini merupakan studi kuantitatif dengan desain cross sectional.
Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Agustus dan pengumpulan data dilakukan pada 02
Juni sampai 22 Juni 2025 di Puskesmas Ambacang. Populasi dalam penelitian berjumlah
seluruh pasien yang berkunjung dengan sampel 96 orang. Teknik pengumpulan data
acidental sampling dengan pengambilan data berdasarkan siapa yang kebetulan ada dan
dirasa cocok sesuai dengan kriteria. Data yang digunakan data primer dan data sekunder
dan teknik analisis data dengan univariat dan bivariate dengan uji Chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 57,3% pasien yang tidak puas dan sebanyak
24% pasien mempersepsikan tidak bermutu terhadap pelayanan kesehatan. Berdasarkan
uji statistic didapatkan bahwa terdapat hubungan daya tanggap (p= 0,000), dan hubungan
jaminan (p= 0,000).
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan kesehatan
dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Ambacang. Untuk itu disarankan
kepada Puskesmas Ambacang agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
dengan meningkatkan fasilitas, memberikan pembinaan kepada petugas agar lebih ramah,
dan memberikan informasi secara jelas agar pelayanan yang dierikan tidak berbelit-belit.
Daftar Bacaan: 42 (2019–2025)
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Puskesmas Rawat Jalan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 04:25 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 04:25 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2474 |