Dewi Hakim Shekarningrum, Shekar (2025) ASUHAN KEPERAWATAN ANAK PADA AN. A DENGAN BRONKOPNEUMONIA MELALUI PEMBERIAN BIBLIOTERAPI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK AKIBAT HOSPITALISASI DI RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2025. Other thesis, Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER Shekar.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab 1]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I shekarr.pdf - Published Version
Download (299kB)
![[thumbnail of Bab Akhir]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB Akhir shekar.pdf - Published Version
Download (151kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA shekar.pdf - Published Version
Download (277kB)
![[thumbnail of Kian]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KIAN Dewi Hakim Shekarningrum, S.Kep 2414901009 Full Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Data World Health Organization (WHO) (2022) melaporkan hampir 6 juta balita meninggal dunia, 16% dari jumlah tersebut disebabkan oleh pneumonia. Gejala yang muncul berupa sesak nafas, demam tinggi dan sianosis yang mengharuskan anak untuk menjalani hospitalisasi, dampak dari hospitalisasi pada anak berupa kecemasan. Salah satu penatalaksanaan kecemasan pada anak yaitu dengan metode bermain membacakan cerita (Biblioterapi) yang dapat diberikan saat kecemasan anak berada pada skala ringan–sedang (1-76). Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan anak pada An. A dengan pemberian biblioterapi terhadap tingkat kecemasan anak akibat hospitalisasi di RSUD Dr. rasidin padang tahun 2025
Berdasarkan hasil pengkajian, An. I mengeluh demam tinggi disertai dengan batuk, mual muntah dan keluhan anak rewel pendiam, sering menangis tanpa sebab. Diagnosa yang ditemukan yaitu bersihan jalan nafas tidak efektif, hipertermi dan kecemasan. Intervensi yang diberikan yaitu dengan pemberian terapi bilblioterapi yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut selama 20 menit. Implementasi dilakukan dengan pendekatan empatik dan suasana yang menyenangkan agar anak merasa nyaman selama sesi berlangsung.
Evaluasi yang diperoleh setelah implementasi selama 3 hari yaitu terdapat penurunan skor Spence Children Anxiety Scale 33 (Sedang) menjadi skor 24 (ringan) setelah diberikan terapi bilblioterapi
Disimpilkan biblioterapi terbukti efektif dalam menurunkan kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Saran bagi perawat adalah mengembangkan keterampilan dalam penerapan terapi bermain berbasis cerita, serta menjadikan biblioterapi sebagai bagian dari pendekatan holistik dalam asuhan keperawatan anak di rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Profesi Ners |
Date Deposited: | 27 Sep 2025 02:49 |
Last Modified: | 27 Sep 2025 02:49 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2515 |