Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Remaja Kelas VIII Di SMP Negeri 25 Padang Tahun 2025

Ramadani, Rani (2025) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Remaja Kelas VIII Di SMP Negeri 25 Padang Tahun 2025. Diploma thesis, ..

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of BAB AKHIR] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (180kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEKS SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, Agustus 2025
Rani Ramadani
Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Remaja
Kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang Tahun 2025
xiii + 52 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 12 lampiran
ABSTRAK
Penggunaan smartphone di kalangan remaja semakin meningkat seiring
kemudahan akses informasi, hiburan, dan media sosial. Menurut APJII (2024),
98% remaja menggunakan smartphone, sementara data BPS Sumatera Barat
(2024) menunjukkan 67,78% remaja telah mengakses smartphone. Penggunaan
berlebihan ini membuat remaja kesulitan mengatur waktu, menurunkan
konsentrasi, sering menunda tugas, dan berdampak pada motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap
penggunaan smartphone pada remaja kelas VIII di SMP Negeri 25 Padang tahun
2025.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian
dilaksanakan bulan Februari hingga Agustus 2025, pengumpulan data
dilaksanakan pada tanggal 26-28 Mei 2025. Populasi penelitian ini siswa SMP
Negeri 25 Padang Tahun 2025 kelas VIII yang berjumlah 261 orang, pengambilan
sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 72 responden dengan teknik random
sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner
MSLQ, dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan kurang dari separuh (45,8%) remaja dengan
motivasi belajar rendah, kurang dari separuh (44,4%) remaja dengan penggunaan
smartphone tinggi. Dengan analisis bivariat motivasi belajar dengan penggunaan
smartphone didapat p-value 0,001.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan motivasi
belajar terhadap penggunaan smartphone pada remaja kelas VIII di SMP Negeri
25 Padang Tahun 2025. Diharapkan guru dapat mengoptimalkan program edukasi
mengenai penggunaan smartphone yang sehat serta menciptakan lingkungan
belajar yang kondusif. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan program, keterlibatan
orang tua melalui pertemuan rutin perlu ditingkatkan agar pengawasan terhadap
penggunaan smartphone dirumah dapat berjalan optimal dan sejalan dengan upaya
yang dilakukan dilingkungan sekolah.
Daftar Bacaan : 41 (2016-2025)
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Penggunaan Smartphone, Remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Unnamed user with email S1perawat@gmail.com
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:53
Last Modified: 29 Aug 2025 02:53
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item
View Item