Dwi Zentia, Stevanny (2025) Hubungan Bauran Pemasaran 6P dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Aisyiyah Kota Padang Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf - Published Version
Download (901kB)
![[thumbnail of Pendahuluan]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version
Download (450kB)
![[thumbnail of Kesimpulan]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version
Download (325kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (545kB)
![[thumbnail of Skripsi Full]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI STEVANNY DWI ZENTIA (2113201042).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Proporsi kunjungan pasien rawat inap di Rumah Sakit Aisyiyah Kota Padang tahun 2021-2023 mengalami penurunan, dari 2.457 kunjungan (2021), 1.925 kunjungan (2022), menjadi 1.667 kunjungan (2023). Tahun 2024 terjadi peningkatan menjadi 2.193 kunjungan. Perubahan jumlah kunjungan pasien lama tersebut mengindikasikan penurunan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan bauran pemasaran 6P dengan loyalitas pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Aisyiyah Kota Padang.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien rawat inap tahun 2025, dengan sampel 96 responden yang diambil secara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat.
Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara bauran pemasaran tempat (p = 0,012), promosi (p = 0,000), dan bukti fisik (p = 0,009) dengan loyalitas pasien. Sementara itu, produk (p = 0,886), orang (p = 1,000), dan proses (p = 0,062) tidak menunjukkan hubungan signifikan (p > 0,05).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan loyalitas pasien dapat didukung melalui optimalisasi penataan ruang rawat inap, perbaikan bukti fisik, serta promosi yang inovatif menggunakan media cetak dan digital. Hasil penelitian diharapkan menjadi masukan bagi rumah sakit dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with username S1kesmas |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:56 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2132 |