Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Pra Sekolah 3-6 Tahun Di TK Harapan Bangsa Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok Tahun 2025

Hanifah, Salma (2025) Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Pra Sekolah 3-6 Tahun Di TK Harapan Bangsa Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (497kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (336kB)
[thumbnail of BAB VI Kesimpulan] Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB VI KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB)
[thumbnail of SKRIPSI SALMA HANIFAH] Text (SKRIPSI SALMA HANIFAH)
SKRIPSI SALMA HANIFAH_23152011127_UNIVERSITAS ALIFAH PADANG TAHUN 2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, 14 Agustus 2025

Salma Hanifah
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK PRA SEKOLAH 3-6 TAHUN DI TK HARAPAN BANGSA NAGARI TALANG BABUNGO KABUPATEN SOLOK TAHUN 2025
xvi + 75 Halaman, 11 Tabel, 3 Gambar, 11 Lampiran

ABSTRAK

Penggunaan gadget pada anak usia dini semakin meningkat seiring kemajuan teknologi digital. Masa prasekolah (3–6 tahun) merupakan periode emas (golden age) bagi pertumbuhan anak. Namun, penggunaan gadget secara berlebihan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sosial emosional anak. Di Indonesia 30% anak usia 3–6 tahun menggunakan gadget lebih dari 2 jam per hari. Di Provinsi Sumatera Barat, penggunaan gadget mencapai 85,65%, sementara di Kota Solok tercatat paling tinggi, yaitu 95,12% pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak prasekolah di TK Harapan Bangsa Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok Tahun 2025
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Dilakukan di TK Harapan Bangsa Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok pada bulan Maret-Agustus 2025. Pengumpulan data telah dilakukan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 28–30 Juli 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak prasekolah di TK Harapan Bangsa dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden yang dipilih secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, dan data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 responden terdapat 19 anak (54,3%) memiliki tingkat penggunaan gadget tinggi, dan 22 anak (62,9%) mengalami masalah sosial emosional. Hasil analisis bivariat diperoleh nilai p-value = 0,000 (<0,05), yang berarti terdapat hubungan signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah.
Tingginya penggunaan gadget berhubungan dengan meningkatnya risiko gangguan perkembangan sosial emosional anak. Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk membatasi durasi penggunaan gadget, memilih konten yang edukatif, dan meningkatkan interaksi langsung dengan anak.

Daftar bacaan : 44 (2011–2024)
Kata kunci : Gadget, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Prasekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Unnamed user with email S1bidan@gmail.com
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:10
Last Modified: 11 Sep 2025 02:10
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item
View Item