Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Pulau Air Kota Padang Tahun 2025

Afresia, Wulan (2025) Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Pulau Air Kota Padang Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (614kB)
[thumbnail of BAB AKHIR] Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (264kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (503kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsii Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, Juli 2025

Wulan Afresia
Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Pulau Air Kota Padang Tahun 2025
Xi+63 halaman, 11 Tabel, 2 Gambar, 12 Lampiran

ABSTRAK

Tingginya angka kejadian penyakit diare pada anak sekolah dapat disebabkan oleh kurangnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Data Profil Sanitasi Sekolah Tahun 2022 diketahui secara nasional sekitar 66,3% sekolah yang memiliki akses air bersih layak dan cukup, 77,2 % memiliki toilet layak dan terpisah serta 77,2% memiliki sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan PHBS pada siswa SD Negeri 07 Pulau Air Kota Padang Tahun 2025.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret- Agustus 2025. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas III, IV, dan V berjumlah 337 orang. Sampel diambil sebanyak 77 responden. Metode pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48,1% siswa memiliki perilaku hidup bersih dan sehat yang kurang baik, 31,2% siswa memiliki tingkat pengetahuan cukup, 46,8% tidak tersedia sarana dan prasarana, dan 37,7% peran guru baik. Berdasarkan uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan (p=0,000), ketersediaan sarana prasarana (p=0,000), dan peran guru (p=0,049) dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengetahuan, ketersediaan sarana prasarana dan peran guru memiliki peran penting terhadap PHBS siswa. Peneliti menyarankan intervensi yang lebih intensif melalui promosi kesehatan dan penyediaan sarana pendukung serta mengoptimalkan peran guru sebagai teladan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

Daftar Bacaan : 40 (2010-2024)
Kata Kunci : Pengetahuan, Peran Guru, PHBS, Sarana Prasarana.

UNIVERSITY OF ALIFAH PADANG
Thesis, July 2025

Wulan Afresia
Factors Associated with Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) Among Students at SD Negeri 07 Pulau Air, Padang City, 2025
Xi+63 pages, 11 Tables, 2 Figures, 12 Appendices

ABSTRACT

The high incidence of diarrheal diseases among school children can be attributed to the lack of implementation of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS). The 2022 School Sanitation Profile data shows that nationally, approximately 66.3% of schools have access to adequate and sufficient clean water, 77.2% have adequate and separate toilets, and 77.2% have handwashing facilities with soap and running water. This study aims to determine the factors associated with PHBS among students of SD Negeri 07 Pulau Air, Padang City, in 2025.
This is a quantitative study using a cross-sectional design. The research was conducted from March to August 2025. The population included all third, fourth, and fifth-grade students totaling 337 individuals. A total of 77 students were selected using stratified random sampling. Data were collected through a questionnaire and analyzed using univariate and bivariate methods with the Chi-Square test.
The results showed that 48.1% of students demonstrated poor PHBS, 31.2% had moderate knowledge levels, 46.8% lacked access to adequate facilities and infrastructure, and 37.7% reported good teacher involvement. Statistical tests revealed significant associations between knowledge (p=0.000), availability of facilities and infrastructure (p=0.000), and teacher roles (p=0.049) with PHBS practices.
This study concludes that knowledge, the availability of facilities and infrastructure, and the role of teachers play a significant role in students’ Clean and Healthy Living Behavior (PHBS). The researcher recommends more intensive interventions through health promotion, provision of supporting facilities, and optimizing the role of teachers as role models in implementing clean and healthy living behaviors within the school environment.

References : 40 (2010–2024)
Keywords :Facilities and Infrastructure, Knowledge, PHBS, Teacher’s Role.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:35
Last Modified: 26 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item
View Item