Hubungan Pelayanan Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Retak Mudik Kabupaten Mukomuko Tahun 2025

Ade, Mardini A (2025) Hubungan Pelayanan Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Retak Mudik Kabupaten Mukomuko Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
skripsi Dhini revisi semhas full text_1-6 cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
skripsi Dhini revisi semhas full text_15-23 bab i.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB AKHIR] Text (BAB AKHIR)
skripsi Dhini revisi semhas full text_77-78 bab akhir.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
skripsi Dhini revisi semhas full text_79-81 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (938kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
skripsi Dhini revisi semhas full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Rata-rata kunjungan nasional puskesmas adalah 81%. Puskesmas Retak
Mudik adalah puskesmas di Kabupaten Mukomuko yang memiliki jumlah
kunjungan terendah dengan 8,3% kunjungan per bulan. Peningkatan kualitas
pelayanan dan tingkat kepuasan pasien adalah upaya untuk meningkatkan cakupan
kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pelayanan
Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Retak Mudik
Kabupaten Mukomuko Tahun 2025.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional
study. Dilakukan di Puskesmas Retak Mudik bulan Maret-Agustus 2025.
Pengambilan data selama 9 hari dari tanggal 30 Juni-9 juli 2025. Populasi adalah
seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Retak Mudik dari bulan November
2024 - Frebruari 2025 yang berjumlah 400 orang. Sampel penelitian sebanyak 80
responden. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan
uji Chi Square.
Hasil penelitian didapatkan 53 responden (66,2%) mengatakan kualitas
pelayanan baik. Dan sebanyak 54 responden (67,5%) mengatakan puas dengan
layanan yang diberikan. Ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan
pasien dengan nilai p value = 0.000.
Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan kualitas pelayanan dengan
kepuasan pasien di Puskesmas Retak Mudik. Diharapkan kepada petugas
kesehatan di Puskesmas Retak Mudik untuk meningkatkan dan mempertahankan
kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien dengan menerapkan pelayanan
yang paripurna dan sesuai SOP.
Daftar Bacaan : 27 (2015-2025)
Kata Kunci : Kualitas, Kepuasan, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email S1bidan@gmail.com
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:17
Last Modified: 29 Sep 2025 06:17
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item
View Item