Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas V di SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang Tahun 2025

Rahmawati, Dewi (2025) Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas V di SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB)
[thumbnail of Bab Akhir] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (232kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
Skripsi, September 2025

Dewi Rahmawati

Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak Kelas V di SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang Tahun 2025
xi + 66 halaman, 5 tabel + 2 gambar + 13 lampiran

ABSTRAK
Penelitian ini adalah tingginya penetrasi gadget di kalangan anak sekolah, yang berpotensi memengaruhi perkembangan psikososial mereka. Data Riskesdas 2018 menunjukkan 66,03% anak usia 7-12 tahun di Sumatera Barat mengalami masalah perkembangan psikososial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang.
Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 58 siswa dipilih melalui total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang mengukur intensitas penggunaan gadget dan tingkat perkembangan psikososial. Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 41,4% responden memiliki intensitas penggunaan gadget tinggi, dan 37,9% memiliki perkembangan psikososial tinggi. Analisis bivariat menemukan hubungan signifikan antara kedua variabel (p-value = 0,000). Anak dengan penggunaan gadget tinggi cenderung memiliki perkembangan psikososial yang lebih rendah.
Kesimpulan penelitian mengkonfirmasi bahwa penggunaan gadget berlebihan berhubungan negatif dengan perkembangan psikososial anak. Disarankan perlunya pengawasan orang tua dan kebijakan sekolah dalam membatasi penggunaan gadget, serta mendorong interaksi sosial langsung untuk optimalisasi perkembangan psikososial anak.

Kata Kunci : Gadget, Perkembangan Psikososial, Anak Sekolah,
Studi Cross-Sectional
Daftar Bacaan : 25 (2015-2024

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: s1 keperawatan
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:14
Last Modified: 29 Sep 2025 07:14
URI: http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item
View Item