Geni, Mutiara (2025) Hubungan Pola Asuh dan Dukungan Keluarga dengan Kesulitan Belajar Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 28 Padang Sarai Kota Padang Tahun 2025. Diploma thesis, Universitas Alifah Padang.
![[thumbnail of Cover]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf - Published Version
Download (546kB)
![[thumbnail of Bab I]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB)
![[thumbnail of Bab Akhir]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB AKHIR.pdf - Published Version
Download (195kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB)
![[thumbnail of Skripsi Fulltext]](http://repository.alifah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
UNIVERSITAS ALIFAH PADANG
FAKULTAS ILMU KESEHATAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Skripsi, September 2025
Mutiara Geni
Hubungan Pola Asuh dan Dukungan Keluarga dengan Kesulitan Belajar Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 28 Padang Sarai Kota Padang
xii + 63 halaman, 8 tabel, 2 gambar, 8 lampiran
ABSTRAK
Anak usia sekolah yang mengalami kesulitan belajar dapat menghadapi hambatan perkembangan kognitif pada masa penting pengembangan intelektual. Kesulitan belajar dipengaruhi faktor seperti pola asuh dan dukungan keluarga. Pola asuh yang kurang tepat serta rendahnya dukungan keluarga dapat menurunkan motivasi belajar dan menghambat pencapaian prestasi akademik pada anak. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dan dukungan keluarga dengan kesulitan belajar pada anak usia sekolah di SD Negeri 28 Padang Sarai Kota Padang.
Jenis Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 28 Padang Sarai. Populasi penelitian ini sebanyak 166 siswa. Pengumpulan data telah dilakukan selama 3 hari yaitu tanggal 17,18 dan 21 Juli 2025 menggunakan metode proporsional random sampling sebanyak 62 responden. Analisa dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian lebih dari separuh (58.1%) mengalami kesulitan belajar, lebih dari separuh (48.4%) memiliki pola asuh orang tua otoriter dan lebih dari separuh (56.5%) memiliki dukungn keluarga tidak mendukung. Berdasarkan hasil uji statistik chi-square didapatkan hasil p-value (0,002) dan (0,000)
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan pola asuh dan dukungan keluarga dengan kesulitan belajar pada anak usia sekolah di SD Negeri 28 Padang Sarai Kota Padang. Diharapkan kepada pihak sekolah dapat melakukan pertemuan rutin antara guru dan orang tua untuk memantau perkembangan akademik anak serta memberikan edukasi kepada orang tua tentang pola asuh dan cara memberikan dukungan belajar dirumah.
Daftar Bacaan : 25 (2016-2025)
Kata Kunci : Dukungan Kelurga, Kesulitan Belajar, Pola Asuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | s1 keperawatan |
Date Deposited: | 27 Sep 2025 03:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2025 03:51 |
URI: | http://repository.alifah.ac.id/id/eprint/2522 |